Tuesday, January 31, 2012

i wanna be a good mother :)

blog kali ini gue mau bahas tentang anak-anak dan orang tua..
gue belum menikah, gue belum punya anak, tapi gue tertarik banget sama anak-anak.. sedikit cerita tentang hidup gue, dari kecilpun gue udah sayang banget sama anak kecil, pas smp gue ngajar sekolah minggu, bahkan kuliah psikologi itu gue ambil karena kecintaan gue sama anak-anak.. gue ikut banyak training yang melengkapi pengetahuan di bidang anak, dan banyak buaaannngggett pelajaran yang gue dapet..alasan gue nulis blog ini adalah membuka pikiran teman-teman perempuan dan laki-laki (para calon papa dan mama yang baik buat anaknya) :p

salah satu kebahagiaan orang tua adalah ngeliat anaknya sehat, pinter, baik, menyenangkan, dan ngebanggain, blablabla.. kebanyakan orang tua yang mau anak-anaknya seperti itu tapi ga memberikan dukungan yang sehat buat anak-anaknya.. contoh : pinter artinya harus rangking (padahal kepintaran si anak ga cuma diliat dari rangking, ada banyak aspek kecerdasan lainnya yang ada dalam diri anak), memotivasi anak dengan cara membandingkan anak dengan anak lainnya, dll.. kita harus sama-sama belajar bahwa kondisi apapun yang ada sama anak, harus bisa diterima dengan baik.. ada kelebihan dan ada kekurangan..ga ada anak yang bodoh!

ada lagi tipe orang tua yang ga mau di'susah'in anak atau ga mau direpotin.. misalnya anak mau belajar masak tapi karena orang tuanya takut kotor atau ribet, jadinya anak ga dibolehin belajar masak.. selama usia anak udah cukup, dan didampingi tentunya, rasanya sah-sah aja gitu ajak anak masak bareng-bareng.. karena hal ini pasti berguna buat kehidupan anak ke depan.. selain itu, kegiatan kaya gini mempererat hub anak dengan orang tua.. kalo kesempatan ini ga digunain, yang ada orang tua malah menghambat kreativitas dan kemampuan anak (menurut gue sih gitu ya..), contoh lainnya adalah mau anaknya pinter, tapi ga mau ngajarin anak.. anak belajar pertama kali bukan di sekolah loh, tapi di rumah :)

ada hal lain lagi yang mungkin sebenernya sah-sah aja dilakukan orang tua, tapi gue melihat dari perspektif yang berbeda, yaitu kata-kata kaya begini "mama udah cape-cape hamil bawa kamu berat-berat 9 bulan, mama susuin kamu, rawat kamu, dll, tapi kamunya malah ga tau diri" dan  kata-kata lainnya yang membawa masa-masa hamil serta jasa-jasa yang udah dilakukan.. gue berpikir bahwa hal paling penting yang harus kita punya adalah ketulusan.. anak-anak ga pernah memilih untuk dilahirkan, tapi kitanya yang mau kan?
selain itu, gue juga berpikir bahwa akan jauh lebih baik kalau anak-anak itu tahu usaha kita tanpa harus kita kasitau.. toh nanti ada waktunya mereka mengerti tentang apa yang kita lakuin.. dan mereka akan semakin respect sama usaha-usaha yang udah kita perjuangin..

selain itu, gue juga belajar bahwa mendidik anak tuh susah.. baik sebagai guru ataupun orang tua, mendidik anak tuh butuh persiapan, butuh pengetahuan juga, ga bisa sembarangan.. dan kita harus bener-bener berusaha melakukan yang terbaik.. tulus.. sekali-sekali mungkin ada saatnya lepas kontrol, marah, emosi, tapi jangan tiap hari.. jadi orang tua ga gampang.. dan emang ga ada orang tua yang sempurna.. tapi ga ada salahnya kalo kita belajar menjadi yang terbaik buat anak-anak.. kalo bukan orang tua, siapa lagi yang bisa jadi yang terbaik buat anak-anak.. orang tua tuh HEROnya anak-anak.. :p

jaman sekarang tuh udah banyak banget anak yang (baik secara langsung atau ga langsung) jadi korban keegoisan atau kebodohan (kurangnya pengetahuan) orang tua dalam mendidik anak.. dan gue ga suka ngeliatnya #sighs! efeknya tuh buruk banget buat tuh anak ke depaannya, bahkan bisa berakibat buruk ke generasi selanjutnya..

jadi, teman-teman yang akan menikah dan punya anak, yuuuu sama-sama belajar dari sekarang-sekarang ini.. supaya kita bisa ciptain generasi yang baik, yang ga mengecewakan anak-anak kita sendiri.. belajar tentang anak lebih bagus saat belum punya anak.. jadi ketika kita punya anak, kita tau apa yang harus dilakukan, ga kaget, ga salah dalam mendidik anak :)

gue tadi sebelum tulis blog ini, gue takut salah kata-kata.. karena ini blog isinya tuh tentang semua pendapat gue yang dipengaruhi oleh teori-teori yang gue dapetin, pengalaman, serta apa yang gue liat selama ini.. gue minta maaf kalo ada salah kata atau pendapat yang salah.. :)

and the last, i wanna be a good mother.. not only good, but the best mother for my babiess and kiddos:*
God bless you all, para calon HERO!!

1 comments:

Anonymous said...

bagus, bagus tulisannya... gw suka gaya lu :D

semua yang lu tulis di atas, gw setujuin sih... dua kalimat bagus yang gw suka:

"gue berpikir bahwa hal paling penting yang harus kita punya adalah ketulusan"

"selain itu, gue juga berpikir bahwa akan jauh lebih baik kalau anak-anak itu tahu usaha kita tanpa harus kita kasitau.. toh nanti ada waktunya mereka mengerti tentang apa yang kita lakuin"

bener banget itu hehe... semoga cita-cita lu untuk jadi the best mother untuk anak-anak lu bisa tercapai ya. Mungkin tulisan ini boleh lu simpen terus sebagai pengingat nanti? :)

Post a Comment