Wednesday, November 20, 2013

doa dan keyakinan :)


hai udah lama nih ga nulis hihi :)
banyak hal yang dilewati selama ga nulis, tapi yang jelas sekarang gue udah nikah, udah punya baby yang imut sekali namanya Kisscha Leanicca :) cukup basa basinya ya haha

blog kali ini tentang bagaimana menghadapi penyakit, baik kita sebagai pasien, atau orang tua, atau kerabat, dll.. kenapa gue berani nulis ini dari beberapa perspektif? soalnya gue pernah mengalami, makanya gue merasa perlu share.. ditambah lagi, makin kesini gue merasa makin banyak dipertemukan sama orang yang sakit, baik dari yang gue kenal maupun yang ngga gue kenal, dan bisa jadi temen-temen juga dipertemukan sama orang-orang yang sakit.. selain itu, gue tau banget support dari orang-orang  dekat itu penting banget bagi pasien :)

di awal-awal sebelum pengobatan, sangat bagus kalo kita tau mengenai info penyakit serta pengobatan sampai tuntas, kita yang gue maksud itu semuanya loh (orang tua, keluarga, teman, kerabat, dll) selanjutnya adalah Berdoa, minta Tuhan kasih petunjuk tentang pengobatan yang harus dijalani.. bagi gue dulu, hal ini penting banget, karena ini langkah awal banget..and lucky me, dulu banyak sekali yang berdoa buat gue.. thank u so much guysss :) gue inget dulu gue  selalu berdoa untuk dokter-dokter, suster-suster, alat-alat pengobatan (infus, jarum, dll), serta obat-obatan yang masuk nantinya.. dari doa-doa inilah gue dikuatkan, diberanikan (halah bahasanya ahhaha maksudnya menjadi berani gitu loh) untuk menghadapi proses pengobatan :)

setelah berdoa, kan mulai masuk ke proses pengobatan tuh ya.. mau pengobatan scr medis, atau alternatif, atau herbal, dll,  terserah deh ya hehe.. saat menjalani pengobatan, keyakinan kita harus tinggi :) keyakinan yang dimaksud itu kepercayaan bahwa pengobatan yang dijalani bisa menyembuhkan.. keyakinan tersebut harus dimiliki orang-orang yang terlibat.. yang gue alami dulu, dari keyakinan ini jadi muncul semangat dan sukacita karena gue tau gue diobati dan akan disembuhkan hehe pede banget ga sih? bodo :p
biasanya di masa-masa ini suka galau juga, antara yakin ga yakin, dan kadang suka ragu bener ga ya dokternya, perlu ga ya begini begitu, dulu hal ini pernah dialami juga sama keluarga gue..... dan papa gue tuh lucu bener deh, jadi ceritanya waktu itu gue udah lagi dikemo yang pertama, papa malah tanya sama dokter, "dok anak saya beneran kanker ga sih?" HELOOOOOW udah dikemo gini baru nanyaaaa hahahaha :))
intinya, di proses ini, percaya saja terhadap apa yang harus dijalani karena sebelumnya kita sudah berdoa sama Yang Diatas untuk memberikan petunjuk, disaat jalanNya sudah diberikan, sesakit apapun prosesnya harus dijalani karena ini yang terbaik dari Tuhan :) nikmati saja, percaya saja :)
ini sedikit contoh ya, anak gue lagi sakit flu dan batuk, terus gue ke dokter dan dikasih antibiotik, gue sebenernya gak mau deh anak gue dikasih antibiotik karena berbagai alasan yang cukup logis gitu deh.. tapi balik lagi, sebelum ke dokter, gue udah berdoa supaya Tuhan memberikan hikmat buat dokter, dan memberikan obat-obat yang terbaik buat scha. laluu dikasihlah antibiotik ini..walaupun gue ga mau, tapi karena gue udah berdoa, gue harus yakin sama obat ini :)

anyway, doa adalah kebutuhan :) jadi siapapun kita (pasien, orang tua, saudara, kerabat), doa adalah hal yang harus selalu kita lakukan :) kadang gue cuma bisa support orang lain lewat doa, tapi gue tau doa ini akan menghasilkan kekuatan, keberanian, bahkan kesembuhan :) hehe entah kenapa, gue ada keyakinan kalo doa kita itu bisa 'menyentuh' orang yang kita doakan..

lalu, misalnya pasien malah meninggal gimana? yauda gapapa, berat memang tapi itupun jalan terbaik yang Tuhan berikan bagi pasien dan keluarga dan kerabat yang ditinggalkan.. meninggal karena sakit ga selalu buruk (menurut gue lagi nih ya hehe) soalnya gue yakin apapun itu yang terjadi, ga akan pernah sia-sia :) usaha, waktu, uang, dan dana yang dikeluarkan semuanya ga akan sia-sia.. mungkin terkesan gampang gue ngomong gini hehe khususnya bagi orang-orang yang ditinggalkan.. tapi coba perhatikan baik-baik, lihat secara jelas, ada banyak sekali hal yang tetap bisa disyukuri ketika ditinggalkan, dan ada banyak sekali hal baik yang terjadi dari proses yang berat tersebut..

-karena Tuhan punya perhitunganNya sendiri.. yang terpenting adalah kita melakukan bagian kita yang terbaik-
God bless!







0 comments:

Post a Comment