Tuesday, November 16, 2010

baby blue ♥

ada beberapa hal yang ga menyenangkan belakangan ini (sesuai dengan judul gue yaitu blue, bagi yang ga ngerti silakan nanya langsung aja :p ).. dan bisa dibilang masalah-masalah itu menyebalkan banget..
baik tentang keluarga, kuliah, tentang sakit, masa depan, dan hal-hal pribadi lainnya..
walaupun gue tau tentang beberapa hal yang normal, misalnya 'ya gitulaah hidup..' atau 'sabar aja blablablaa..' tapi kata-kata itu belum (terlalu) bisa memulihkan kondisi gue.. lalu akhirnya gue mencoba mempraktekkan apa yg ada di kuliah gue yaitu tentang coping stress..

coping stress adalah (gue menjelaskan dengan bahasa gue sendiri ni yaa) cara seseorang mengatasi stress. (simple!). ada 2 cara dalam coping stress yaitu;
1. emotional focus coping, yaitu berfokus pada emosinya (kesedihan, kemarahan, dll)
2. problem focus coping, yaitu berfokus pada masalahnya dan penyelesaiannya..

dan gue tau banget kalo gue orang yang emotional focus dl baru problem focus.. karena gue baru bisa berpikir jernih kalo emosi gue bener.. tapi, ada banyak juga hal yang dipendem sendiri yang susah buat diungkapin.. ga tau karna ga ada tempat atau ga bs ngomong atau males buat ngomongnya.. gue sih ngerasa wajar-wajar aja tapi pada akhirnya sadar kalo ada sesuatu yang ga cepet diberesin, nantinya malah numpuk..

gue inget kata-kata yg pernah gue update di twitter.. kata-katanya gini, 'yang membuat gue nyerah bukan karna masalah yg ke 100, tapi 99 masalah sebelumnya!'  jadi, masalah ke 100 itu cuma pencetus tapi sebabnya uda ada dari dulu.. dan kata-kata ini menyadarkan gue, bahwa gue harus 'pulih' dengan diri gue. lalu gue mikir, dari hal-hal diatas, ada ga masalah yang sebenernya uda lama dan makin menjadi.. ternyata BANYAK lohh!! misalnya tentang sakit.. ini gue bener-bener harus beres dengan masalah ini deh kalo engga gue kadang suka nyalahin diri sendiri karna gue sakit (walopun gue tau sakit atas ijin Tuhan, tapi gue sadar banget sakit kali ini karena gue salah). dan karena self-blaming itu, kadang jadi makin 'ancur' guenya setiap kali harus repotin orang, belom lagi kalo yg direpotin itu ga tulus direpotin..beehhh gilaa!! bisa langsung berkaca-kaca deh gue.. mungkin banyak orang yang anggep ini wajar, normal. tapi gue tau jelas apa dasar masalahnya.. kalo gue bisa terima dan berhenti merasa bersalah, kondisi gue pastinya akan jauh lebih baik.. karena beban emosinya uda ilang.. gitulah kira2.. ngerti kan ya mksdnya? kalo belum ngerti, blh langsung nanya ke gue ya :p

ya jadi intinya masalah pasti terus ada.. cuma gue belajar untuk meminimalkan masalah yg ada, salah satunya dengan pemberesan-pemberesan sama diri gue. itu sangat membantu banget loh.. jadi lebih kuat, lebih semangat, lebih tenang + jernih dan bs fokus sama penyelesaian masalahnya, dan pastinya lebih happy juga ;p

selesai dulu yaa :)

night baby.. bye bye, blue! have a good rest everyone :)
God bless!

0 comments:

Post a Comment